Pelayanan Akademik

a. Bantuan tutorial

Sebagai upaya dalam meningkatkan mutu dan pelayan pendidikan serta pembelajaran kepada siswa, Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan memberikan program pelayanan pembelajaran di luar jam belajar siswa, baik dengan cara konsultasi maupun tutorial oleh guru-guru baik secara pribadi maupun kelompok kepada siswa. Bentuk pelayanan kepada siswa yang bersifat akademis diantaranya :

Klinik UN, dimana setiap siswa dapat belajar (mata pelajaran yang di UU kan) dengan guru-gurunya yang telah ditugaskan sebagai tim klinik UN yang dikoodinir oleh seorang guru koordinator UN dan sifat belajar di klinik UN tersebut di luar jam pelajaran (pada saat istirahat/pelajaran ekskul).

Bengkel komputer, yaitu suatu bentuk pelayanan pembelajaran bagi siswa-siswa yang ingin memperdalam tentang komputer berbentuk perbaikan dan perawatan komputer, sistem dan programmer komputer (bersifat dasar)

Bimbingan minat dan belajar.

Bantuan tutorial ini dimaksudkan, agar siswa dapat memecahkan permasalahan belajarnya baik bersifat mental maupun spiritual sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah.

 

b. Informasi dan bimbingan Studi

Pelayanan siswa terhadap informasi dan bimbingan karir selalu disampaikan melalui proses bimbingan oleh guru, terutama bagi seluruh siswa SMA yang ingin memilih jurusannya maupun siswa yang ingin malanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah tamat. Sistem informasi dan bimbingan karir yang diberikan oleh sekolah pada tahun pelajaran 2008/2009 ini, sekolah mencoba menggunakan biro jasa konsultan (jasa psikologi) kepada siswa dalam memilih jurusannya di sekolah (pada saat pemilihan jurusan) ataupun pemilihan jenjang pendidikan bagi siswa berikutnya . Tujuan pelaksanaan program tersebut, agar siswa-siswa SMA dapat mengetahui secara klinis (secara akurat) mengenai bakat, minat dan keterampilannya (kecerdasan) sehingga guru dalam proses pembelajaran nantinya dapat memantau dan membimbing siswa-siswa yang memiliki wilayah minat, bakat yang kuat ataupun kecerdasan yang masih lemah, sehingga siswa dapat mengetahui secara dini kekuatan dan kelemahan-kelemahanya, sehingga dapat dipacu kearah yang lebih baik.

Selain bimbingan karir yang dilakukan oleh sekolah di atas tersebut, bimbingan lainnya yang dilakukan oleh sekolah, yakni pengiriman siswa berbakat dan berprestasi akademik melalui jalur atau program PMP ke Universitas Negeri, terutama Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Sumatera Utara (USU) serta sekolah Tinggi Telekomunikasi dan Informatika TELKOM Bandung. Meskipun pengiriman tersebut harus melalui seleksi yang cukup ketat, Alhamdullilah siswa kita ada yang diterima.

Informasi bimbingan karir yang berikutnya, yakni melalui informasi papan publikasi (mading). Pelayanan informasi dimaksud baik berupa iformasi penawaran masuk keperguruan tinggi negeri maupun swasta baik di kota Medan maupun di luar Propinsi Sumatera Utara.

Informasi lainnya yang juga diarahkan oleh sekolah, yakni informasi yang diperoleh dari para alumni yang telah berhasil, baik pada bidang akademik maupun bidang lainnya.

 

c. Konseling pribadi dan sosial

Selain bimbingan akademik, sekolah juga telah memberikan layanan bimbingan kepada siswa berupa bimbingan konseling. Sekolah telah menyiapkan 2 orang guru BP yang diberi tugas dalam pembimbingan siswa baik secara pribadi maupun kelompok siswa, apakah itu permasalahan akademik ataupun psikologis siswa. Tugas utama guru BP yakni memberikan pelayanan bimbingan berupa pembinaan, penasehatan bagi siswa-siswa bermasalah di sekolah maupun di rumah.

 

d. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Program pelayanan lainnya yang diberikan oleh sekolah kepada siswa adalah program pelayanan kesehatan sekolah. Program pelayanan unit kesehatan sekolah (UKS) Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan diselenggarakan atas kerja sama Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu dengan Puskesmas Sering di Kecamatan Medan Tembung. Unit usaha kesehatan sekolah ini diprogramkan sebagai upaya sekolah memberikan pelayanan kesehatan disekolah kepada guru dan siswa. Usaha pelayanan kesehatan tersebut dalam bentuk pembinaan dari pihak Puskesmas Sering yang selalu memberikan penyuluhan, pelatihan dan pemberian pengobatan gratis bagi siswa, guru dan pegawai Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu yang ingin berobat di puskesmas tersebut.

Tinggalkan komentar

Kontak Admin

Shoutbox